Frequently Asked Questions (FAQ)

Frequently Asked Questions (FAQ)

  • Apa itu Arconesia ?

    Arconesia adalah platform digital yang menyelenggrakan layanan permodalan, pemasaran, dan pembinaan di bidang usaha pertanian, peternakan, dan perikanan. Anda dapat memberikan modal kepada para petani, peternak, dan nelayan dengan menerima manfaat bagi hasil yang menarik. Arconesia memiliki misi untuk mendukung kebahagiaan petani, peternak, dan nelayan secara finansial dan sosial, dan mendukung penggunaan metode yang ramah lingkungan. Untuk itu Arconesia juga membantu pemasaran produk panen dan membantu pengedukasian dan pembinaan para petani, peternak, dan nelayan yang menjadi mitra Arconesia..

  • Mengapa saya harus menginvestasikan uang saya melalui Arconesia?

    Investasi di Arconesia memiliki beberapa manfaat, yaitu:
    1. Anda dapat menikmati pertumbuhan dana yang menguntungkan dalam waktu yang relatif singkat;
    2. Anda turut membantu para petani, peternak, dan nelayan untuk mengembangkan usahanya; dan
    3. Anda telah mendukung kesehatan lingkungan dengan membantu permodalan petani, peternak, dan nelayan yang menggunakan konsep agroekologi dalam kegiatan usahanya.

  • Apa yang menjadikan Arconesia unik?

    Arconesia memiliki e-commerce dan telah memiliki mitra pelaku usaha (off taker) untuk memasarkan produk hasil panen. Arconesia menggunakan konsep agroekologi yang memiliki manfaat antara lain:
    1. Overyielding effect, yaitu untung lebih besar karena mendapatkan hasil panen yang berlimpah dengan membudidayakan lebih dari satu jenis komoditi dalam satu area budidaya.
    2. Insurance effect, yaitu mitigasi kerugian yang apabila satu komoditi mengalami kegagalan yang disebabkan oleh serangan hama dan penyakit akan ditutupi dengan komoditi lainnya.
    3. Produk hasil panen lebih sehat karena penggunaan agroinput yang sesuai secara bijak.
    4. Mendukung lingkungan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesadaran publik terhadap pentingnya kesehatan lingkungan.
    .

  • Bagaimana skema pembiayaan bagi hasil Arconesia?

    Arconesia menetapkan persentase bagi hasil 40-40-20, yaitu 40% petani, 40% pemodal, dan 20% untuk Arconesia. Pada setiap proyek yang diajukan terdapat variasi RoI (return of investment) bergantung pada komoditi yang dibudidayakan, mulai dari 10% s.d. 30%. Mohon untuk membaca prospektus pada setiap proyek budidaya untuk mengetahui informasi lebih detail.

  • Berapa lama program budidaya akan dilakukan?

    Proyek budidaya memiliki jangka waktu masing-masing yang tidak dapat ditetapkan. Pada tahap ini, Arconesia menyebarkan proyek dengan jangka waktu < 1 tahun. Mohon untuk membaca prospektus untuk mengetahui informasi lebih detail..

  • Kapan uang saya akan dikembalikan beserta dengan bagi hasilnya?

    Jangka waktu bagi hasil dapat berbeda-beda sesuai dengan komoditi dalam proyek budidaya. Secara umum bagi hasil dilakukan ketika komoditi panen telah tersalurkan melalui transaksi jual-beli, baik per bulan maupun per tiga bulan.
    Untuk pengembalian modal akan dilakukan setelah proyek budidaya selesai..

  • Apa yang akan terjadi apabila kerugian atau gagal panen?

    Apabila masih terdapat dana jual-beli, maka Arconesia akan mendahulukan pengembalian dana pemodal, baik seluruh maupun sebagian. Perlu diperhatikan bahwa proyek budidaya Arconesia memiliki risiko layaknya investasi pada umumnya dan/atau produk P2P lending lainnya. Banyak hal yang berada di luar kuasa Arconesia, sehingga potensi risiko selalu ada..

  • Apakah saya dapat membatalkan partisipasi saya pada program budidaya yang masih sedang berlangsung?

    Pemodal tidak dapat membatalkan partisipasi dan/atau menarik kembali modalnya dalam jangka waktu proyek budidaya berjalan. Hal ini sebagai komitmen dan tindakan pencegahan yang merugikan petani, peternak, dan nelayan. Arconesia berusaha untuk membantu semua pihak secara adil dan transparan..

  • Bagaimana Arconesia menyeleksi pelaku budidaya?

    Para pelaku budidaya di Arconesia merupakan petani, peternak, dan nelayan yang telah diseleksi secara ketat oleh Arconesia, baik dari rekam jejak produksi maupun rekam jejak sosial di masyarakat..

  • Bagaimana Arconesia mengelola risiko?

    Arconesia menempatkan agronomist untuk melakukan pengontrolan dan pengawasan dengan standar SOP yang sesuai dengan kebutuhan ilmiah. Melalui agronomit ini, Arconesia mengedukasi dan membina para petani, peternak, dan nelayan setiap waktunya di luar kegiatan khusus dari pembinaan Arconesia..

  • Bagaimana penggunaan modal yang saya berikan dalam program budidaya?

    Setiap sen dan/atau rupiah dari dana Anda akan digunakan sesuai dengan yang tertera pada perjanjian dan prospektus. Mohon untuk membaca prospektus untuk melihat detail rencana penggunaan dana dari setiap proyek budidaya..

  • Seberapa besar minimum dan maksimum dana yang dapat saya salurkan untuk setiap program budidaya?

    Tidak ada batasan maksimum untuk partisipasi di setiap program budidaya selain dari nilai total proyek budidaya itu sendiri. Untuk batasan minimum, secara umum, dapat dimulai dari Rp100.000. Melalui nilai minimum, Arconesia berharap dapat melibatkan lebih banyak pihak untuk bergotong royong membantu pertanian, peternakan, dan perikanan Indonesia yang berdaulat..

  • Apakah ada batas minimum dan/atau maksimum uang untuk transfer dana di Arconesia?

    Tidak ada batasan minimum maupun maksimum untuk transfer dana di Arconesia. Namun Bank yang Anda gunakan mungkin memiliki peraturan minimum dan maksimal transfer..

  • Bagaimana saya bisa mengetahui perkembangan dari program-program budidaya yang saya biayai?

    Arconesia akan menyediakan laporan perkembangan proyek budidaya yang sudah Anda danai. Laporan ini akan dikirimkan ke email Anda, dan dapat dilihat pada website kami di dalam akun portofolio Anda masing-masing..

  • Apakah saya harus membayar pajak atas setiap manfaat bagi hasil yang saya peroleh?

    Sebagai warga negara Indonesia yang baik dan taat peraturan, Anda diwajibkan membayar pajak. Anda akan diminta untuk menyertakan NPWP pada saat pendaftaran. Arconesia akan memotong porsi untuk pajak dari manfaat bersih bagi hasil Anda secara otomatis. Anda diharapkan untuk mencantumkan pendapatan dari Arconesia kedalam SPT pajak Anda. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan konsultan pajak terkait hal ini. Bila Anda tidak menyertakan NPWP, nilai manfaat bagi hasil Anda akan dipotong pajak maksimal sesuai peraturan yang berlaku..

  • Apa yang akan terjadi jika pemodal meninggal dunia? Apakah portofolio yang bersangkutan dapat dialihkan?

    Bisa. Jika pemodal meninggal dunia saat proyek budidaya sedang berjalan, maka portofolio yang bersangkutan akan dialihkan kepada ahli waris yang sebelumnya telah diinformasikan oleh pemodal..

  • Saya tinggal diluar Indonesia, apakah saya dapat berpartisipasi juga?

    Ya, tentu saja. Anda dapat mengirim dana partisipasi dari luar negeri dengan mengikuti peraturan yang berlaku di Indonesia serta memiliki e-KTP dan nomor ponsel aktif Indonesia..