Tumpang Sari Semangka, Melon, dan Jahe Merah

image

Tumpang Sari Semangka, Melon, dan Jahe Merah

Prospek Budidaya

Semangka merupakan produk buah yang dapat dikonsumsi kapan pun dan di mana pun, termasuk salah satu buah yang memiliki peminat yang cukup tinggi. Dengan tingginya angka konsumen semangka, pelaku usaha juga manargetkan semangka untuk menjadi pangsa pasarnya, baik untuk minuman segar, pencuci mulut, maupun cemilan.

Melon oranye meruapakan varietas melon yang popular dan sering dijumpai sebagai hidangan pencuci mulut di Indonesia, Melon oranye kini dibudidayakan seacara luas dan serius oleh petani provinsi Bengkulu dan menjadi salah satu produk hortikultura unggulan yang pemasarannya hingga luar provinsi bahkan luar pulau Sumatera.

Jahe merahyangtermasuk dalam salah satu jenis jahe unggulan dengan aroma yang khas.Jahe merah dapat diolah menjadi aneka produk seperti minuman herbal siap saji (wedang jahe), minuman serbuk, sirup jahe, atau minyak asiri. Selain itu, produk jahe merah biasanya dikombinasikan dengan bahan-bahan penambah cita rasa dan bahan herbal lain yang berkhasiat seperti kopi, susu, gula aren, ginseng, madu, secang, sambiloto, ataupun bahan-bahan lainnya. Untuk itu jahe merah menjadi produk yang selalu diminati oleh pasar.


Risiko Budidaya

Budidaya semangka, melon dan jahe di iklim tropis membutuhkan perlakuan khusus untuk menakan risiko, seperti pemilihan lahan dengan pH tanah yang ideal. Umumnya musuh semangka dan melon adalah lalat buah, kutu, dan tungau, dan penyakitnya adalah layu daun dan layu fusarium; dan musuh jahe merah adalah kepik dan ular penggesek akar, dan penyakitnya adalah layu bakteri dan busuk rimpang. Pencegahan dan penanggulangan dilakukan dengan menggunakan pestisida dan insektisida dengan dosis dan pada waktu yang tepat.Penggunaan sistem tumpang sari juga meminimalisir resiko total gagal panen akibat serangan hama, penyakit, dan fluktuasi harga. Dengan sistem tumpang sari, kegagalan yang dialami oleh satu komoditi berpeluang untuk dikompensasi dengan keuntungan dari komoditi lainnya.